Rabu, 07 Januari 2015

Jangan Gunakan Kalimat Negatif dan Kasar didepan Anak


Hasil survei Children Charity NSPCC semacam Komisi Perlindungan Anak yang berkedudukan di  Klondon Inggris menyatakan bahwa lebih dari 2000 orang dewasa masing ingat nasihat dan berbagai perkataan yang diucapkan orangtua semasa kecilnya dahulu. Tujuan dari survei ini adalah ingin memelajari bahwa perilaku dan perkataan orangtua berpengaruh pada anak saat mereka dewasa.

Berhati-hatilah anda sebagai orang tua. Salah satu nasihat dan perkataan positif  yang diingat anak dari orangtua adalah “Latihan membuat kita menjadi lebih baik”, setidaknya 63 persen responden mengaku terinspirasi dengan ucapan positif tersebut.
Kemudian, nasihat lain yang juga paling diingat oleh 62 persen responden lainnya adalah “Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan”. Lalu, sebanyak 54 persen mengatakan bahwa kalimat “Jika gagal, coba lagi” yang sering disampaikan orangtua sangat melekat dalam pikiran mereka hingga dewasa.

Menurut hasil survei, sebanyak 81 persen responden mengaku pihak ibu yang paling sering membimbing mereka dengan nasihat positif. Lalu, 72 persen lainnya mengatakan lebih banyak dinasehati oleh ayah.

Orang tua yang tidak bijak bahkan kasar dengan kalimat negatif didepan anak-anak juga akan selalu dingat oleh mereka.

Segala  tindakan yang diambil orang tua memang  dapat membantu memberikan pengalaman yang positif bagi anak-anak. Salah satunya lewat kata-kata bijak. Sebab, setiap anak berhak memiliki masa kecil yang bahagia dan inspiratif,” terang Peter Wanles, NSPCC.



Sumber : kompas.com

1 komentar:

Ariel Tatum mengatakan...

http://rindra.blog.dinus.ac.id/2016/09/01/alat-tanam-benih-jagung-dengan-tuas-pengungkit-dan-mekanik-pembuat-lubang/
http://anakadarningsih.blog.dinus.ac.id/2016/06/24/dosen-blogger/
http://ennyvisioner.blog.dinus.ac.id/2016/06/24/workshop-penyusunan-proposal-penelitian-dikti/
http://youseewhy.blog.dinus.ac.id/2016/09/14/mata-kuliah-sistem-informasi-akuntansi/

REKOMENDASI ARTIKELT ERBAIK 2017